Ali Mazi: ITK Buton Pilar Masa Depan Kemajuan Pembangunan Sektor Kelautan Perikanan Sultra

  • Bagikan

Kata Gubernur dua periode ini, Non-Conventional Resources total potensi ekonomi 11 sektor tersebut di Indonesia mencapai US$ 1,338 triliun pertahun atau 4 kali lipat dari APBN kita.

“Lapangan kerja diserap mencapai 45 juta orang atau 40 persen Total Angkatan Kerja Indonesia. Kontribusi ekonomi kelautan bagi PDB Indonesia sekitar 22 persen pada 2014. Bandingkan dengan negara-negara lain dengan potensi kelautan lebih kecil seperti Thailand, Korea Selatan, Jepang, Maldives, Norwegia, dan Islandia mempunyai kontribusi ekonomi lebih besar 30 persen,”

“Sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, saya menaruh harapan besar kepada rektor dan sivitas akademika ITK Buton agar mengambil peran besar mengembangkan sumberdaya kelautan dan perikanan terutama di daerah agar memberikan kontribusi besar dalam mengatasi masalah ekonomi, sosial dan lingkungan khususnya di daerah ini melalui pengembangan sektor kelautan dan perikanan,” kata Gubernur Ali Mazi, lagi.

Gubernur Ali Mazi sangat yakin bahwa ITK Buton secara perlahan dapat mewujudkan harapan besar ini. Rektor dan segenap sivitas akademi ITK Buton harus bekerjasama saling mendukung memajukan ITK Buton secara internal, dan bersama dengan stakeholder, yang meliputi pemerintah /pemerintah daerah, industri/swasta, lembaga masyarakat, media, dan masyarakat secara luas memajukan ITK Buton secara eksternal.

“Civitas ITK Buton tidak boleh “diam”, harus mempunyai cita-cita dan ambisi besar, harus mempunyai pemikiran besar, harus membangun jaringan komunikasi dan kerja sama yang luas dan efektif, mempunyai pandangan jauh kedepan, selalu optimis, serta berani membuat terobosan baru dan bertindak rasional. Kita harus menciptakan imej bahwa keunggulan ilmu-ilmu kelautan itu ada di Sultra. Kalau orang mau bicara teknologi pertanian, maka datanglah ke Institut Pertanian Bogor (IPB), kalau mau berbicara soal teknologi perkapalan datanglah ke Institut Teknologi Surabaya (ITS), kalau mau berbicara teknik sipil datanglah ke Institut Teknologi Bandung (ITB), dan apabila ingin mendalami ilmu kelautan secara utuh, datanglah ke ITK (Institut Teknologi Kelautan) Buton,”ujar Gubernur Ali Mazi memberi semangat kepada para mahasiswa.

  • Bagikan