Siapkan Hadiah Rp 35 Juta, Pemkot Kendari Buka Sayembara Desai Gerbang Batas Kota

  • Bagikan
Batas kota Kendari

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), membuka sayembara desain gerbang batas kota, dengan menyiapkan hadiah bagi pemenang sebesar Rp 35 juta.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa, gerbang batas Kota perlu di revitalisasi, mengingat fungsi gerbang menjadi pintu masuk dan keluar wilayah Kota Kendari.

“Kita ingin memberi nuansa lain kepada warga terutama dari luar Kota Kendari pada saat masuk ke kota ini. Ada perasaan, oh saya sudah masuk ke wilayah Kota Kendari,” katanya, Selasa (22/11/2022).

Ia menyampaikan bahwa, semua pihak bisa berpartisipasi menyampaikan gagasan ide berupa desain gerbang kota Kendari.

“Saya yakin warga Kota Kendari ini punya banyak ilmu maupun pengalaman terkait hal itu. Nah Kota Kendari ingin membuat suatu suasana, begitu masuk Kota Kendari kita punya ikon tersendiri,” ungkapnya.

Hasil sayembara kata dia, nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk pembangunan gerbang Kota Kendari yang akan dimulai pada tahun 2023 mendatang.

“Jadi desainnya sekarang, proses perencanaan, di awal tahun 2023 dan pembangunannya sendiri diperkirakan tahun 2023,” ujarnya.

Lanjut ia menyampaikan, bahwa ada beberapa indikator, parameter dan kriteria yang ditetapkan dalam sayembara tersebut Diantaranya desainnya yang modern tetapi minimalis, dan yang utama mengakomodir kearifan lokal.

“Jadi nilai budaya yang ada di Kota Kendari ini terakomodir dengan desain modern dan minimalis,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jadwal sayembara, link pendaftaran dan penyampaian dokumen desain telah dimulai sejak 17 November 2022 dan berakhir pada 30 November 2022 mendatang.

  • Bagikan