Sambut HUT Kabupaten Konawe Ke 63, BLUD RS Konawe Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke 63, Badan layanan umum daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe menggelar bakti sosial berupa operasi bibir sumbing gratis bagi warga Kabupaten Konawe. Kegiatan ini dilaksanakan di BLUD RS Konawe mulai tanggal 24-25 Februari 2023.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara BLUD RS Konawe dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Langit-langit Mulut Cabang Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Dalam rangka menyambut HUT Konawe ke 63 kami bersama Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Langit-Langit Mulut Cabang Provinsi Sultra melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing untuk warga Konawe yang kurang mampu,” jelas Kepala BLUD RS Konawe dr. Agus Lahida saat diwawancara awak media, Jum’at (24/2).

Menurut Kepala BLUD RS Konawe dr. Agus Lahida, bibir sumbing merupakan cacat genetik yang dialami anak sejak dilahirkan. Untuk mengembalikan kondisi bibir dan langit-langit anak tersebut dibutuhkan 3 kali operasi, dimana setiap kali operasi bibir sumbing dibutuhkan biaya 20 juta rupiah.

“Biaya untuk operasi bibir sumbing ini sekitar 20 juta, jadi jika dilakukan selama 3 kali, maka biaya yang perlu disiapkan oleh keluarga kita sebanyak 60 juta,” sebutnya.

Kata Agus, kegiatan operasi bibir sumbing kali ini diikuti 18 peserta yang terdiri dari 15 balita dan 3 orang dewasa. Dan kegiatan operasi bibir sumbing ini tidak hanya diikuti warga Kabupaten Konawe tetapi juga diikuti dari warga Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur (Koltim) dan Kolaka Utara (Kolut).

  • Bagikan