Bhabinkamtibmas Polsek Wolio dan Babinsa Wameo Selamatkan Penyu Hijau Yang Diduga Sengaja Diikat Tali oleh Orang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BAUBAU- Bhabinkamtibmas Kelurahan Wameo Polsek Wolio Polres Baubau Bripka Muchsin Aziz mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa adanya penyu hijau dewasa yang terlilit tali di kolam depan Situs Sejarah Batupoaro, Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Selasa (4/4)

Menindak lanjuti laporan dari masyarakat tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Wolio Bripka Muchsin Aziz, SH bersama Babinsa Kelurahan Wameo Sertu Bardin dan masyarakat yang melaporkan bergegas ke lokasi guna melakukan penyelamatan satwa penyu hijau tersebut.

Setelah tiba di lokasi bahwa benar ada Penyu Hijau dengan ukuran lebar punggung sekitar 60 cm dan panjang sekitar 80 cm dengan kondisi mata kanan cacat dalam keadaan terlilit tali pada bagian kaki depan.

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan masyarakat, lalu berusaha melepaskan tali yang melilit pada kaki depan penyu hijau tersebut.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan penyu hijau tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Wolio menghubungi petugas BKSDA Kota Baubau untuk dilakukan pemeriksaan terhadap penyu hijau tersebut.

Dari hasil pemeriksaan petugas BKSDA Kota Baubau bahwa penyu hijau tersebut masih dalam kondisi sehat untuk di lepaskan di tengah laut.

Selanjutnya Bhabinkamtimas, Babinsa dan masyarakat melakukan pelepasan penyu hijau tersebut dengan menggunakan sampan untuk dilepas di tengah laut dan bersyukur penyu tersebut bisa berenang di tengah laut dengan gesit.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk melalui Kapolsek Wolio AKP Masud Gunawan, SH mengatakan bahwa penyu tersebut terlilit tali diduga ada orang yang mengikat kaki penyu tersebut dan di ikatkan pada batu agar penyu tersebut tidak bisa pergi kemana-mana.

  • Bagikan