Gandeng Bulog, Pemkab Konawe Gelar Gerakan Pangan Murah

  • Bagikan
Warga Konawe saat membeli sejumlah kebutuhan bahan pokok dalam kegiatan GPM di pelataran kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat

FAJAR.CO.ID, KONAWE — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), Rabu (5/4).

GPM dipusatkan pelataran kantor instansi dengan menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Konawe.

Kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat yang ingin mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Konawe, Abdul Hasim, mengatakan, GPM menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menekan laju inflasi.

Sekaligus, menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan saat Ramadan maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Kegiatan pangan murah ini serentak dilakukan. Jadi semua wilayah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, diminta melakukan kegiatan ini,” ujar Abdul Hasim, Rabu (5/4).

Ia menuturkan, kegiatan GPM di Konawe hanya dilaksanakan satu hari saja. Dalam kegiatan itu, pihaknya menyediakan sebanyak 1.000 paket bahan pokok.

Terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu. Empat komoditas pokok itu dijual dengan harga relatif murah dibandingkan harga di pasaran.

“Jadi di sini kita satu paketkan. Cuma bayar Rp 105 ribu, warga sudah bisa dapat beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 1 kg, dan tepung terigu 1 kg,” rinci Abdul Hasim.

Mantan Camat Wonggeduku Barat (Wobar) itu menyebut, selain empat komoditas tersebut, pihaknya juga menjajakan telur dan bawang saat gelaran GPM.

Hanya saja, harga jualnya mengikuti harga jual pedagang di pasaran. “Semoga dengan kegiatan ini, kita bisa meringankan sedikit beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya,” tandasnya. (kn/fajar)

  • Bagikan