Catatan Haji Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio: Kloter 24 Didominasi Lansia, Begini Kondisinya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, ARAB SAUDI – Catatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Asrun Lio MHum PhD yang juga selaku Petugas Haji Daerah (PHD).

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah, Allahu akbar. Segala puji hanya milik Allah SWT, kepunyaanNYA segala sesuatu, baik yang ada di langit maupun di bumi. Hanya kepadaNYA tempat meminta pertolongan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah serta setiap aktivitas kehidupan ini. Salawat dan salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, yang merupakan pemberi suri teladan terbaik sepanjang zaman.

Hari ini, Minggu (2/7) Tahun 2023 Masehi bertepatan dengan 13 Dzulhijjah 1444 Hijriah, para jamaah Indonesia asal Provinsi Sultra, khususnya kloter 24 yang didominasi oleh umur lanjut usia (lansia), alhamdulillah masih dalam kondisi baik. Demikian untuk kesehatan.

Sejak Sabtu (1/7) atau 12 Dzulhijjah, tepatnya pukul pukul 19.00 waktu Arab Saudi (WAS), semua jamaah Indonesia asal Sultra khususnya kloter 24 sudah berada di Makkah. Khusus untuk kloter 24, kegiatan berikutnya yakni melakukan Tawaf Ifadhah dan sebelum meninggalkan Makkah seluruh jamaah akan melakukan Tawaf Wadah untuk kemudian menuju Madinah.

Sebelumnya, para jamaah kloter 24 berangkat menuju Arafah pada Senin (26/6) atau 8 Dzulhijjah. Sepanjang perjalanan kami mengiringi dan diiringi dengan lantunan bacaan talbiyah “Labbaikallahumma labbaik.” Ya Allah, aku penuhi panggilanMU”.

Sungguh perjalanan spritual haji yang penuh haru. Ketika sampai di tenda, para jamaah tetap memperhatikan kesehatan dan mengikut petunjuk petugas. Bahkan saat berada di tenda, pembimbing ibadah kembali memberikan penjelasan terkait tata cara melaksanakan rangkaian ibadah haji, khususnya saat melontar jumrah.

  • Bagikan