Asrun Lio: Belasan Ribu Lahan di Sultra Masuk Kategori Kritis

  • Bagikan
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio.

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Belasan ribu lahan di Provinsi Sultra ditemukan sudah dalam kondisi kritis.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio membeberkan bahwa, belasan ribu lahan di Provinsi Sultra memang sudah masuk kategori kritis.

Dimana, ada 4000 lebih hektare lahan hampir kritis dan sekiranya 14 ribu lebih hektare lahan sudah sangat kritis. Lahan kritis merupakan salah satu indikator adanya degradasi lingkungan sebagai akibat dari berbagai jenis pemanfaatan sumber daya lahan yang kurang bijaksana.

Untuk menormalkan kondisi tersebut, mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra ini mengatakan bahwa tidak dapat sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah pusat maupun daerah.

Melainkan harus dilaksanakan semua komponen masyarakat, stakeholder yang punya kewajiban untuk turut menjaga, melestarikan keseimbangan lingkungan, terutama para pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Sultra.

“Kalau diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah, tentu tidak mungkin, kita punya luas lahan yang begitu besar,” katanya usai membuka bimbingan teknis rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Sultra bagi para IPPKH, di salah satu hotel di Kendari, Senin (7/8/2023).

Sehingga, ia mengajak seluruh elemen untuk ikut berperan aktif. Apalagi menurutnya semua masyarakat mempunyai kewajiban untuk untuk menanam pohon.

Ia juga mengingatkan kepada para pemegang IPPKH yang belum memiliki SK penetapan rehabilitasi DAS dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar segera mengusulkan lokasi rehabilitasi rehab DAS.

  • Bagikan