Program Merdeka Belajar, Siswa SMK di Sultra Panen Tomat Ratusan Kilogram

  • Bagikan
Siswa SMK Negeri PP 5 Kabupaten Konawe, Sultra bersama guru sekolahnya saat memperlihatkan hasil panen tomat sebagai salah satu program Merdeka Belajar yang dicanamkan Gubernur Sultra Ali Mazi pada Juni 2023 lalu. (Foto ANTARA/HO-Dinas Dikbud Sultra)

Sementara itu, di SMK Negeri 5 Baubau juga telah melakukan panen dari tiga jenis tanaman yang ditanam yakni tomat, cabai dan bawang merah di atas lahan halaman sekolah sekitar setengah hektar.

“Untuk cabai diperkirakan akhir Agustus sudah bisa panen, sedangkan tomat kita sudah panen sekitar 360 kilogram sementara bawang merah juga sudah dipanen sekitar 100 kilogram,” terang kepala SMK Negeri 5 Baubau LM Fahirin Syafei.

Fahirin menjelaskan, hasil panen tanaman tersebut sebagian dibagi ke orang tua siswa dan sebagian dijual kepada pedagang yang datang langsung ke sekolah.

“Jadi ini kami akan lanjutkan terus karena ini adalah bagian dari bahan praktek siswa. Jadi mereka belajar 25 persen teori dan sisanya adalah praktek lapangan sesuai jurusan budidaya pertanian,” kata Fahirin.

Fahirin menambahkan, kegiatan ketahanan pangan siswa SMK ini sangat bermanfaat dan relevan dengan program merdeka belajar yang digagas menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.(antara/fajar)

  • Bagikan