Pemkab Konawe Bersama Bulog Gelar Program SIGAP SPHP Dilaunching di Pasar Moderen Kapita Lau Dalami di Kecamatan Sampara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menjalankan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Kamis (31/8).

Kegiatan program stabilisasi pasokan dan harga pangan ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan didampingi oleh Kabulog Konawe Abdan Djarmin, Kadis Koperindag H. Muhammad Nur serta Camat Sampara Muhsin, SE di Pasar Moderen Kapita Lau Dalami, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe.

Dalam sambutannya, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan Pemerintah Kabupaten melalui Bulog telah menyalurkan beras murah yaitu beras SPHP ke pedagang yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga, khususnya harga pangan komoditi beras, serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang selama ini membeli beras dengan harga yang melebihi dari standar pemerintah, mulai hari ini pemerintah menyiapkan beras murah dengan kualitas medium.

“Harapan kita program ini memberikan manfaat untuk menjaga stabilitas harga, serta kemampuan belanja masyarakat khususnya dikabupaten Konawe, dan mudah-mudahan setelah Perbaikan Jaringan Irigasi kita, yang rencananya per tanggal 1 September akan ada beberapa wilayah yang sudah akan buka pintu pengairan, sehingga 3 – 4 bulan kedepan kondisi ketersediaan pangan kita khususnya beras, akan semakin bagus” ungkapnya.

Disamping itu, Kepala Bulog Konawe Abdan Djarmin mengatakan bahwa upaya yang dilakukan hari ini secara bersamaan di beberapa tempat merupakan kewajiban Pemerintah dalam hal ini Bulog yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, mencoba memberikan pelayanan kemasyarakat dengan memberikan harga beras dengan standar harga paling rendah, yaitu untuk per 5 kg seharga Rp. 47.000,- yang pada umumnya dipasar dijual dengan harga Rp. 55.000,- sampai dengan Rp.60.000,-.

  • Bagikan