Berkunjung ke Kolut, Mentri PUPR Tinjau By Pass Lasusua Tobaku

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KOLAKA UTARA – Kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) H Mochammad Basuki Hadimoeljono ke Kolaka Utara (Kolut) pada Sabtu (21 Oktober) meninjau by pass Lasusua Tobaku.

Sepanjang Bypass Lasusua Tobaku, yang kini menjadi jalan raya negara yang dikendalikan negara. Setelah Pemkab Kolut menyerahkannya kepada pemerintah pusat.

Kungker Menteri PUPR bersama Wakil Ketua BPK RI Haerul Saleh, Bob Arthur Lombogia, Dirjen Sumber Daya Air Endra SA, Dirjen Bina Marga ST Hedy Rahadian dan staf ahli MPUPR V Padang Pamungkas.

Kunjungan ini disambut baik oleh Bupati Kolut Sukanto Toding, Wakil Ketua DPRD Sultran, H Jumarding, Ketua DPRD Korut, Buhari, Kapolres Korut, AKBP Arif Irawan, Kajati Korut Henderina Malo dan beberapa pejabat lainnya.

“Jalan ini sudah menjadi jalan nasional, jadi anggarannya dari APBN,” kata menteri PUPR.

Menurut menteri yang terkenal dengan selera humornya itu, pihaknya berencana membangun pengaman pantai di Lasusua. Proyek ini mencakup pembangunan sekitar 300 meter dan mencakup area seluas sekitar 3 hektar.

“Perencanaan fisik akan selesai pada November-Desember 2024, dan pengerjaan akan dimulai pada tahun yang sama. Karena jalan ini resmi menjadi jalan nasional,” ungkapnya.

Sedangkan untuk model fisik, lanjutnya, dapat tumbuh dan memecah air. Membangun pengaman pantai merupakan langkah penting dalam mengatasi erosi pantai dan permasalahan lain di kawasan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Kolut Sukanto Toding menyambut kedatangan Menteri PUPR, Wakil Presiden BPK RI, Dirjen dan rombongan di Bumi Patowonua.

  • Bagikan