Kunjungi PT TPM di Anggaberi, Pj Bupati Konawe Gagas Hilirisasi Industri Sawit di Konawe

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE.,MM bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi Pabrik Sawit PT. Tani Prima Makmur (TPM) di Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe dan mendorong adanya hilirisasi industri sawit di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (11/12).

Gagasan mendorong Hilirisasi Industri Sawit ini, Ia sampaikan dalam sambutannya dihadapan Direktur Operasional PT. TPM, Mei Ekaminsa, Karyawan PT. TPM, masyarakat Anggaberi.

“Di Provinsi Sultra ini, ada beberapa pabrik Crude Palm Oil (CPO) di Konawe Utara, di Kolaka, di Wawolemo, saya ingin mendorong pemilik pabrik CPO ini, CPOnya tidak usah dijual ke luar, pak. Kalau bisa kita bikin forum, kita bangun industri hilir dari CPO ini, Pak,”ucap Pj. Bupati Konawe ini.

Lanjutnya, karena begini, Kabupaten Konawe ini sebuah Kota yang sangat strategis, satu sisi kita adalah Kota Industri, disisi lain kita adalah Kota Pertanian dalam arti luas termasuk perkebunan. Dua ini kita mau rubah, bagaimana Industri nikel itu tidak berada di Hulu saja, dia hanya pabrik bijih nikel saja, baru dia jual ke luar.

“Kita nda dapat apa-apa? dapat tapi sedikit. Tapi kalau ini kita mampu rubah, dari hulu industri nikel, menjadi hilir. Karena produk dari industri hilir, produk ikutannya mulai baterai, bahan pembuatan pesawat, bahan pembuatan senjata, termasuk logam koin, itu semua dari nikel semua. Artinya kalau bahan ini kita pabrik semua disini (Konawe). Maka nikel yang kita jual adalah produk jadi, artinya akan memberi ruang dan memberi kontribusi yang begitu besar di Konawe ini,”terangnya.

  • Bagikan