Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama sembilan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan Kabupaten/Kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2023.

Penghargaan ini diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dalam rangkaian peringatan HAM sedunia ke-75 tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Kamis (28/12).

Mewakili Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio mengatakan peduli HAM merupakan upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM.

Tolak ukur utama dari diraihnya penghargaan ini yaitu, pelayanan disabilitas serta pelayanan yang ramah anak dan perempuan serta perlindungan hak-hak masyarakat adat.

“Berdasarkan hasil pemantauan usul penilaian kriteria kabupaten/kota peduli HAM tahun 2023 dari 17 Kabupaten/Kota lingkup Provinsi Sultra yang telah menyampaikan usul penilaiannya hanya 15 Kabupaten/Kota. Dari 15 kabupaten/kota yang mengusul ada 10 Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria,” ungkap Sekda Provinsi Sultra.

Usai menyerahkan piagam penghargaan ini Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih 10 Kabupaten/Kota tersebut.

Terakhir dirinya berpesan agar Kabupaten/Kota usai menerima penghargaan ini agar tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada Rencana Aksi Nasional HAM.

  • Bagikan