KPU Kolaka Libatkan Masyarakat Rakit Kotak Suara Pemilu 2024

  • Bagikan
Masyarakat sekitar yang merakit kotak suara Pemilu serentak 2024. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra-Andry Denisah)

FAJAR.CO.ID, KOLAKA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan perakitan surat suara Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Kolaka Kamal Baddu saat ditemui di Kolaka, Selasa, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan perakitan kotak suara.

“Kami sudah mengerahkan pekerja untuk melakukan perakitan,” kata Kamal Baddu saat meninjau perakitan kotak suara di Kabupaten Kolaka.

Dia menyebutkan bahwa untuk kotak suara yang akan dirakit ada sebanyak 3.549 , yang akan disebar di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kabupaten Kolaka.

“Total yang dirakit ada sebanyak 3.549 kotak suara,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam perakitan sebanyak 3.549 kotak suara tersebut, KPU Kabupaten Kolaka melibatkan sebanyak 20 orang masyarakat sekitar, yang targetkan perakitan kotak suara itu akan selesai pada 16 Januari 2024.

“Jadi, diperkirakan dalam satu hari itu kami bisa menyelesaikan sedikitnya ada 300 kotak suara yang dirakit. Jadi, perkiraan ini semuanya bisa selesai sebelum masuk masa tenang kampanye,” katanya.

ia menjelaskan bahwa nantinya seluruh kotak suara yang dirakit itu akan langsung didistribusikan di 705 TPS yang ada di Kabupaten Kolaka untuk digunakan pada saat pemungutan suara nanti.

“Direncanakan pada H-3 akan kami distribusikan ke TPS,” katanya.

Selain kotak suara, KPU Kabupaten Kolaka juga sementara menyelesaikan perakitan bilik suara, pelipatan dan penyortiran sarat suara pemilihan presiden (Pilpres), DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

  • Bagikan