Pj Wali Kota Panen Jagung di Lahan Kelompok Tani Lapas Idaman Baruga, Kadis Pertanian: Masih Ada 70 Hektar Lahan Tidur di Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melakukan panen jagung di lahan kelompok tani Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Idaman Baruga, sekaligus memberi bantuan cadangan pangan berupa beras kepada masyarakat di Kecamatan Baruga, Rabu (21/2).

Pj. Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dalam sambutannya mengungkapkan, panen jagung ini adalah upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi, melalui pemanfaatan lahan kosong oleh masyarakat untuk ditanami komoditas yang jangka waktu panennya pendek dan menjadi kebutuhan masyarakat.

Menurut Pj. Wali Kota Kendari, dalam pengembangan dan pemanfaatan atas lahan-lahan tidak produktif, ini perlu melibatkan masyarakat, dukungan seluruh pihak baik dalam memberi contoh, menularkan teknologi informasi dan pengetahuan budidaya yang baik kepada masyarakat.

“Kedepannya harapan saya kegiatan pemanfaatan lahan ini dapat lebih membudaya, memberi manfaat kepada masyarakat dan hasil produk yang diperoleh memberi kepuasan jasmani dan rohani serta lahan yang yang dimanfaatkan dapat menjadi tempat rekreasi, menjadi sumber pangan dan sumber pendapatan,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra ini juga menyampaikan, apresiasi dan penghargaan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani Lapas Idaman.

“Kelompok tani Lapas Idaman merupakan warga binaan Kemenkumham Sultra khususnya Lapas kelas II A Kendari, mereka telah memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi pengembangan dan ketersediaan pangan komoditi pertanian di Kota Kendari dalam hal ini komoditas tanaman jagung,” tambahnya.

  • Bagikan