Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Kendari Capai 84,23 Persen

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI — Cengkeraman pandemi Covid-19 mulai berkurang. Indikatornya, tren jumlah angka sembuh pasien Covid-19 di Kota Kendari meningkat.

Hingga Jumat (23/7) kemarin, tren kesembuhan pasien covid-19 mencapai 84,23 persen.

Jika dirata-ratakan mencpai 5.277 pasien sembuh. Sebelumnya, persentase kesembuhan hanya sekira 84,15 persen dari 6.265 kasus.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan peningkatan jumlah pasien sembuh tak lepas dari kerja keras tenaga kesehatan (nakes) yang berupaya menyembuhkan pasien Covid-19. Terutama pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit (RS).

“Pasien dipantau 24 jam sampai sembuh. Kebutuhan pangan, gizi, nutrisi dan proteinnya dipastikan terpenuhi agar imunnya kuat dan meningkat. Sehingga bisa cepat sembuh,” kata Sulkarnain Kadir.

Faktor lainnya angka kesembuhan meningkat yakni perhatian pemerintah dalam mengawasi pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

Sejauh ini, pemerintah tetap memastikan kebutuhan obat-obatan, vitamin, dan bahan pangan bagi warga terpenuhi selama menjalani isoman.

“Nakes kita di Puskesmas dibantu Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang terdiri dari unsur TNI/Polri dan Dinkes intens mengunjungi warga. Khususnya warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Tim memantau kondisi kesehatan mereka sampai benar-benar pulih sebelum beraktivitas kembali,” ujar Sulkarnain Kadir.

Pada sisi lain, peningkatan kasus sembuh tak lepas dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Satgas intens mengedukasi warga yang menjalani isolasi tentang cara berperilaku hidup bersih dan sehat serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

  • Bagikan