Bhayangakari Polsek Wakorumba Gelar Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Desa Matalangi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BUTON UTARA – Bimbingan Teknis (Bimtek) Bhayangkari dan Desa Matalagi berkolaborasi menggelar pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan skala Rumah Tangga. Kegiatan pelatihan ini di Balai Desa Matalangi , Kecamatan Wakorumba, Kabupaten Buton Utara, Sabtu (23/10).

Peserta kegiatan ini terdiri dari ibu-ibu yang bekerja sebagai pengupas kelapa di desa tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolsek Wakorumba IPTU Start Widiyarto beserta anggotanya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Matalangi, Sinar Seju memberikan apresiasinya atas kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh pengurus Bhayangkari ranting Wakorumba ini. Menurutnya Pengurus Bhayangkari tidak hanya mengenalkan VCO tetapi juga mempraktekkan langsung proses pembuatannya sehingga menarik minat masyarakatnya.

“Dalam kegiatan ini pengurus Bhayangkari ranting Wakorumba yang diwakili oleh Sri Rejeki Mushawir Taba ini telah memberikan pengetahuan baru mengenai pemanfaatan lain dari Kelapa, selama ini warga Desa Matalangi hanya memanfaatkan kelapa menjadi kopra saja, tidak ada kreasi lain” ungkap Sinar Seju dalam rilisnya kepada fajar.co.id, Sabtu (23/10).

Sambungnya, sekarang kami bisa tahu bahwa Kelapa juga bisa dijadikan minyak kelapa murni tanpa dipanaskan terlebih dahulu, tidak sama dengan minyak kelapa yang dibuat selama ini oleh Ibu-Ibu rumah tangga yang prosesnya dipanaskan lalu diaduk lama, saya rasa ini merupakan inovasi baru bagi masyarakat Desa Matalangi yang bisa diterapkan.

“Sebagai informasi, pengurus Bhayangkari ini mengangkat tema skala rumah tangga untuk memberikan informasi bahwa bahan baku pembuatan VCO ini sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan di rumah tangga,” bebernya.

  • Bagikan