Kesbangpol Kendari: Hadapi Tahun Politik 2024, Para Pengiat Politik Wajib Kedepankan 4 Pilar Kebangsaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI –Wali Kota Kendari membuka sosialisasi pendidikan politik dan demokrasi yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari bertempat di salah satu hotel di Kendari, Senin (25/10).

Kegiatan ini dilakukan untuk membina kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia dengan mengedepankan nilai-nilai empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kewajiban konstitusi baik sebagai warga negara maupun sebagai pemerintah daerah dan fungsi ini melekat dengan Kesbangpol Kota Kendari.

“Kegiatan ini bisa memberi dampak kepada masyarakat tentang makna dari pemilu dan akan ada sebuah tantangan besar yang akan kita hadapi dan harus kita jawab kedepan tentang sistem demokrasi kita, yaitu bonus demografi yang puncaknya nanti akan terjadi ditahun 2024, hal ini sulit kita hindarkan dan pasti akan terjadi tinggal bagaimana menyikapinya, bonus demografi ini bisa bermakna positif kalau kita bisa persiapkannya dengan baik,” ujarnya.

Lanjutnya, begitu juga sebaliknya, kalau kita tidak mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah sejak awal maka boleh jadi akan menjadi persoalan besar untuk kita, karena bonus demografi kedepan akan didominasi oleh usia-usai produktif usia 15 sampai dengan 40 tahun itu akan mengisi portofolio penduduk kita dikisaran 60 persen.

  • Bagikan