Ganti Kiper Jelang Adu Penalti, Australia Berhasil Lolos Piala Dunia 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, DOHA—Keputusan berani dan penuh risiko diambil pelatih Australia, Graham Arnold pada babak playoff antar-benua kontra Peru. Dalam babak adu penalti, ia mengganti kiper utamanya sekaligus kapten tim, Mathew Ryan dan memasukkan Andrew Redmayne.

Selain itu, sang pelatih juga memasukkan Craig Goodwin menggantikan Aziz Behich. Ternyata perjudian sangat berani itu berbuah hasil bagus dalam drama adu tos-tosan.

Craig Goodwin yang maju sebagai algojo ketiga sukses menjalankan tugasnya. Sementara Andrew Redmayne berhasil menggagalkan tendangan Alex Valera yang memastikan Australia menang 5-4 setelah kedua negara bermain imbang 0-0 sepanjang 120 menit.

Graham Arnold nyaris tidak bisa berkata-kata setelah pertandingan. Dikutip dari Fox Sports, ia hampir menangis ketika memulai wawancara pasca pertandingan. “Saya hanya… sangat bangga dengan para pemain, Anda tahu?” kata Arnold.

Arnold menjelaskan alasan di balik keputusan besarnya menggantikan Ryan dengan Redmayne. Menurutnya, Redmayne memiliki kemampuan menggagalkan penalti dan mampu mengganggu mental lawan dengan gerakan-gerakannya di bawah mistar.

“Andrew Redmayne adalah penyelamat penalti yang sangat bagus, dan untuk mencoba memasukkannya ke aspek mental saat kami melakukan perubahan itu, untuk menambahkan sedikit ketidakpastian di otak mereka, itu, ya, itulah alasannya,” jelas Arnold. (amr)

  • Bagikan