Kiper Kroasia Livakovic Catat Rekor Luar Biasa, Usai Singkirkan Brasil Lewat Adu Penalti

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,QATAR — Timnas Kroasia secara mengejutkan berhasil menembus babak semifinal ajang Piala Dunia 2022 setelah menang di babak adu pinalti atas Brasil.

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic kembali menjadi pahlawan usai gagal dua sepakan pinalti punggawa tim samba.

Laga antara Timnas Brasil menghadapi Kroasia sendiri berlangsung di Stadion Education City, Qatar pada Jumat 9 Desember 2022.

Sebelumnya di babak 16 besar, Livakovic menggagalkan tiga buah eksekusi penalti pemain Jepang.

Hal tersebut membuatnya masuk daftar rekor sebagai salah satu dari tiga penjaga gawang yang menggagalkan tiga eksekusi penalti.

Sebelumnya ada dua nama yang juga berhasil melakukan hal tersebut, seniornya di Kroasia Danijel Subasic dan penjaga gawang legendaris Portugal, Ricardo.

Kiper Maroko, Yassine Bounou ikut masuk ke daftar rekor tersebut. Pemain Sevilla itu menggagalkan tiga buah penalti Spanyol di babak adu penalti.

Di laga menghadapi Brasil, Secara mengejutkan, Livakovic kembali berhasil menggagalkan penendang pertama Brasil, Rodrygo Goes.

Penyelamatan itu menggenapi rekor Livakovic sebagai penjaga gawang yang paling banyak melakukan eksekusi penalti dalam satu edisi Piala Dunia.

Bukan cuman itu, Berdasarkan perhitungan Squawka, pemain berusia 27 tahun itu melakukan total 11 penyelamatan di laga menghadapi Brasil, jumlah terbanyak sepanjang bergulirnya Piala Dunia 2022.

Fantastisnya, Tujuh dari 11 penyelamatan itu dilakukan di dalam kotak penalti, menjadikan Livakovic sebagai penjaga gawang tipikal sweeper keeper.(Erfyansyah/fajar)

  • Bagikan