Pemkot Kendari Gelar Lomba Wisata Pungut Sampah di Teluk Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Inspektorat Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-192, secara resmi telah dimulai, dimana pembukaan HUT Kota Lulo tersebut bertempat di RTH Papalimba Puday Lapulu, Jumat (3/2/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa dalam rangka menyambut HUT Kota Kendari yang jatuh pada 9 Mei 2023 mendatang, pihaknya telah mengagendakan beberapa kegiatan, mulai dari olahraga, seni budaya dan sosial kemasyarakatan.

Bahkan, pada 25 Januari 2023 lalu pihaknya bersama salah satu lembaga swadaya masyarakat telah memulai kegiatan sosial kemasyarakatan yakni, sunatan massal yang diikuti oleh 125 anak.

“Dan pada hari ini secara keseluruhan, kita akan memulai rangkaian dan kita launching berbagai kegiatan tersebut, dalam konteks atau dalam bingkai HUT Kota Kendari,” ungkapnya.

Pembukaan rangkaian peringatan HUT Kota Kendari tersebut diawali dengan secara bersama-sama melakukan lomba wisata pungut sampah di sekitaran Teluk Kendari.

“Teluk Kendari harus terus kita jaga kebersihan dan keindahannya. Apalagi tidak banyak kota di Indonesia bahkan di dunia yang mempunyai Teluk seperti Kota Kendari ini,” ungkapnya.

Ia membeberkan, berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kita Kendari, sampah yang timbul akibat aktivitas masyarakat sekitar Teluk Kendari, grafisnya setiap harinya mengalami peningkatan.

Seperti di tahun 2021 kata dia, sampah di sekitar Teluk Kendari per hari mencapai 1 ton dan di tahun 2022 yang lalu naik signifikan menjadi kurang lebih 2 ton per harinya.

  • Bagikan