Hindari Praktik Calo, Dishub Sultra Bakal Terapkan Pembelian Tiket Kapal Secara Online

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menerapkan pembelian tiket kapal penyeberangan melalui sistem online untuk mengantisipasi atau bahkan menghilangkan adanya praktik calo tiket di beberapa pelabuhan.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dishub Sultra Muhammad Rajulan, yang mana untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP), juga Balai Transportasi Darat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (DJPD).

Menurutnya, melalui sistem online tersebut masyarakat membeli tiket include dengan sewa kapal, hingga biaya masuk pelabuhannya. Sehingga, petugas yang ada di pelabuhan tidak lagi mengurus karcis dan tidak lagi melayani calo-calo yang hadir memberi kemudahan.

“Kehadiran calo sulit dihindari apalagi pada momen tertentu seperti waktu-waktu padatnya pelabuhan dan hal itu didukung juga oleh masyarakat yang ingin mendapatkan penyeberangan secara cepat,” katanya.

“Karena saling membutuhkan. Masyarakat ingin cepat, akhirnya mereka juga mencari cara lain untuk percepatan itu, di sisi lain ada yang menyiapkan jasa tentang itu,” tambahnya.

Lanjut, nantinya jika pelayanan telah dilakukan secara online, masyarakat langsung bisa mengetahui jadwal jam keberangkatan kapalnya. Sehingga, tidak lagi harus datang menunggu dan mengantre berjam-jam dan secara otomatis hal ini akan mengurangi kepadatan di pelabuhan.

“Tidak mesti datang subuh-subuh mengantre sampai malam baru berangkat, karena tidak jelas kapan dia bisa menyeberang. Kalau sudah ada tiket online ini, jam dan kapal sudah jelas. Jadi bisa datang satu atau setengah jam sebelum keberangkatan, yang penting kapal belum ditutup pintunya, dia masih bisa masuk,” jelasnnya.

  • Bagikan