Kepala BLK Kendari Paparkan Pentingnya Pengembangan Kewirausahaan di Pondok Pesantren

  • Bagikan

“World Economic Forum (WEF) dalam laporan terbarunya, memperkirakan di dunia akan ada 97 juta pekerjaan baru yang tumbuh bersamaan dengan 85 juta pekerjaan yang akan berkurang,” tandanya.
Indonesia sendiri, tambah dia, sebagaimana dilaporkan McKinsey, diprediksi akan ada 23 juta jenis pekerjaan yang terdampak oleh otomatisasi puluhan juta pekerjaan baru yang muncul dalam kurun waktu tersebut.

“Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, sehingga kita tidak menjadi penonton di negeri sendiri khususnya generasi muda kita lebih khusus lagi santri dan santriwati yang kita asuh,” paparnya.

Demographic dividend atau bonus demografi juga, lanjut dia, sangat berpengaruh yaitu suatu kondisi dimana populasi masyarakat akan didominasi oleh individu-individu dengan usia produktif. Usia produktif yang dimaksud adalah rentang usia 15 hingga 64 tahun.

“Dampak bonus demografi bisa berdampak positif juga negatif. Dampak positifnya, membuka peluang kerja, perkembangan ekonomi, pertumbuhan sektor pemerintah, sedangkan dampak negatifnya yaitu membludaknya angka pengangguran, kualitas dan kualifikasi yang tidak seimbang, peningkatan jumlah lansia di suatu negara,” tutupnya.(ismar/FNN)

  • Bagikan