Pemprov Sultra Bakal Gelar Event Napak Tilas Pahlawan Nasional Sultra Oputa Yi Koo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra dan Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra akan mengelar event terbesar di Tahun 2022 yakni sebuah event sejarah dan pariwisata di Pulau Buton yakni Napak Tilas Pahlawan Nasional asal Sultra yakni Sultan Buton yang bernama Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi yang memiliki gelar Oputa Yi Koo yang bakal digelar pada bulan tanggal 22 hingga 28 Mei 2022.

Kegiatan ini bakal diikuti oleh 200 dan rencananya bakal dihadiri oleh 4 Menteri, yang salah satunya ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Hal ini diungkapkan oleh Kadis Pariwisata Provinsi Sultra, H. Belli Harli Tombili saat diwawancara oleh fajar.co.id usai mengikuti Talk show Hipmi Ramadhan Fair 2022, Senin (18/4).

“Jadi itu adalah event sejarah untuk mengenang kembali pahlawan nasional, yang satu-satunya kita punya dari Provinsi Sulawesi Tenggara yang bernama Oputa Yi Koo. Yang rencananya nanti akan ada menyusuri jalannya ketika dia berperang sampai ke makam beliau di Puncak Gunung Siontapina, nah itu kurang lebih jaraknya 28 kilometer, jadi nanti dua hari nanti perjalanannya,”ujarnya.

Lanjutnya, jadi itu nanti konsepnya, jadi jalan nanti pertim, dan semua nantinya menginapnya di tenda, dan kemarin kita dapat info yang sudah mau turun itu kurang lebih 200 tim, dan 200 tim itu ada yang dari Jawa, ada dari Makassar, ada dari Kalimantan, dan kita harapkan event ini adalah event pembuka peralihan kita dari masa pandemi ke masa endemi, dan kita harapkan event ini bisa memajukan pariwisata di Provinsi Sultra, karena ini akan mengundang banyak orang untuk berkunjung di Provinsi Sultra.

  • Bagikan