Gubernur Sultra Jadi Narasumber di Talkshow BRIN, Tekankan Pentingnya Kolaborasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menjadi salah satu narasumber dalam acara talkshow yang digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jakarta, Rabu (20/4).

Talkshow bertema “BRIDA untuk Percepatan dan Daya Saing Inovasi Daerah” ini menghadirkan sejumlah kepala daerah yang dinilai berprestasi dan peduli terhadap percepatan dan daya saing inovasi daerah dan berkomitmen membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

Acara talkshow ini merupakan rangkaian dari kick off pembentukan BRIDA di seluruh Indonesia, yang dimoderatori oleh Ketua Tim Transisi BRIN Prakoso Bhairawa.

Selain Gubernur Sultra, kepala daerah lain yang turut menjadi narasumber dalam talkshow ini yakni Gubernur Papua Barat, NTB, Bali, dan Jawa Tengah. Narasumber lainnya adalah anggota Dewan Pengarah BRIN Tri Mumpuni.

Sebelumnya, dalam acara kick off pembentukan BRIDA, Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri hadir secara virtual memberikan pengarahan. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy hadir langsung memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu, mantan Presiden RI kelima tersebut meminta agar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dapat mendorong percepatan pembentukan BRIDA di daerah.

Pada talkshow tersebut, Gubernur Sultra menyampaikan, salah satu persoalan riset di Indonesia adalah kurangnya sosialiasi.

Gubernur mencontohkan, banyaknya masyarakat yang menolak vaksin disebabkan sosialisasi yang kurang. Padahal, vaksin merupakan produk yang dihasilkan melalui riset.

  • Bagikan