Mengenal Apa itu Akuntansi: Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Jenis-Jenisnya

  • Bagikan

Tujuan Akuntansi 

Berikut ini beberapa tujuan dari proses akuntansi:

  • Memberikan informasi keuangan yang meliputi modal, beban, dan sumber ekonomi.
  • Menyajikan informasi tentang perubahan pada sumber ekonomi perusahaan.
  • Memberikan informasi tentang perubahan kewajiban perusahaan.
  • Memperkirakan potensi perusahaan dalam meraih keuntungan berdasarkan laporan keuangan. 
  • Menyampaikan informasi terkait dengan laporan keuangan secara lebih terperinci. 

Aktivitas Utama dalam Akuntansi 

Di dalam akuntansi terdapat tiga aktivitas utama, di antaranya:

  1. Aktivitas Identifikasi 

Aktivitas ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Melalui proses identifikasi, perusahaan akan mendapatkan data yang komprehensif. 

  1. Aktivitas Pencatatan

Setelah berbagai transaksi perusahaan diidentifikasi, perusahaan kemudian akan mencatat transaksi tersebut dalam bentuk laporan keuangan. 

  1. Aktivitas Komunikasi 

Langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah mengomunikasikan hasil catatan tadi kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan informasi komunikasi, baik pihak internal maupun eksternal perusahaan. 

Jenis-jenis Akuntansi 

Setelah mengetahui fungsi, tujuan, serta aktivitas akuntansi, kini akan dibahas mengenai berbagai jenis akuntansi. Berikut ini jenis-jenis akuntansi yang harus Anda ketahui:

  1. Akuntansi Keuangan (General Accounting)

Akuntansi keuangan adalah jenis akuntansi yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Dalam jenis akuntansi ini terdapat aktivitas pencatatan dan penyajian laporan keuangan dalam satu periode. Laporan keuangan tersebut disusun dan juga digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, baik pihak internal maupun eksternal dalam sebuah perusahaan. 

Dalam akuntansi terdapat sebuah standar yang dikenal dengan Standar Akuntansi Keuangan atau SAK. Standar tersebut telah diterima umum oleh para pelaku akuntansi, baik pembuat laporan maupun pembaca laporan. Oleh karena itu, setiap laporan yang dibuat harus sesuai dengan standar yang  telah ditentukan.

  • Bagikan