Mengenal Apa itu Akuntansi: Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Jenis-Jenisnya

  • Bagikan
  1. Akuntansi Perbankan 

Akuntansi perbankan adalah jenis akuntansi yang menggunakan akun khusus yang hanya digunakan oleh pihak perbankan. Meski agak berbeda dengan akuntansi keuangan, namun dalam akuntansi ini juga menyajikan laporan untuk pihak internal dan eksternal seperti yang ada pada akuntansi keuangan. Bedanya, pihak internal maupun eksternal yang dimaksud di sini adalah yang berhungan dengan perbankan. 

Jenis akuntansi ini digunakan pihak pihak perbankan untuk mencatat laporan keuangan dan transaksi perbankan yang terjadi di bank. Pencatatan transaksi tersebut dikenal dengan rekening administrasi. 

  1. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Terdapat jenis-jenis akuntansi tertentu yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Salah satunya adalah akuntansi biaya. Akuntansi biaya merupakan akuntansi yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai hal terkait biaya perusahan. Dengan adanya akuntansi ini, sebuah perusahaan dapat mengendalikan dan merencanakan biaya operasionalnya. 

Dalam akuntansi biaya dibahas penentuan harga berdasarkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Selanjutnya, harga pokok tersebut akan ditambahkan dengan laba yang ingin Anda dapatkan. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menentukan harga jual.

  1. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen adalah jenis akuntansi yang berkaitan dengan manajemen perusahaan. Akuntansi ini menghasilkan dua informasi, yakni informasi kuantitatif berupa laporan keuangan, dan informasi kualitatif berupa laporan non-keuangan. Laporan keuangan dalam akuntansi manajemen sifatnya tertutup dan rahasia sehingga hanya diperuntukkan khusus untuk pihak manajemen saja. Setiap perhitungan yang terdapat pada akuntansi ini didasarkan pada kebutuhan manajemen dan juga berpedoman pada sistem manajemen. 

  • Bagikan