Mengenal Apa itu Akuntansi: Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Jenis-Jenisnya

  • Bagikan

3. Rekonsiliasi Akun & Laporan Bank

Rekonsiliasi merupakan langkah yang penting untuk memastikan keakuratan data keuangan Anda. Jika dilakukan secara manual, ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan human error bisa terjadi kapan saja. Tetapi, dengan program accounting yang modern, Anda dapat merekonsiliasi akun dan laporan bank Anda dalam hitungan detik.

4. Pembuatan Laporan Keuangan

Program accounting memungkinkan Anda untuk menghasilkan laporan keuangan (laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan sebagainya) secara digital. Anda pun dapat membuatnya dalam beberapa versi; tabel, diagram grafik, garis, dan lingkaran.

5. Manajemen Pembelian dan Penjualan

Program accounting yang baik terintegrasi dengan pembelian dan penjualan sehingga memungkinkan Anda untuk mengelola transaksi kapan pun Anda inginkan. Anda dapat dengan mudah membuat berbagai dokumen seperti pesanan pembelian dan penjualan, nota debet dan kredit, penawaran, resi, dan masih banyak lagi.

6. Manajemen Depresiasi Aset

Dengan program accounting yang kompleks, Anda bahkan dapat menghitung penyusutan aset secara otomatis dan akurat. Depresiasi aset dapat dihitung dengan berbagai metode sesuai kebijakan perusahaan Anda. Perhitungan ini sudah sesuai dengan pajak dan standar akuntansi yang berlaku.

Program accounting adalah perangkat lunak yang memudahkan pemilik bisnis dalam mengelola berbagai proses yang berkaitan dengan keuangan, menyelesaikan tugas-tugas finansial dengan benar dan cepat. Sistem ini tidak menggantikan peran manajer akuntansi dalam mengelola keuangan organisasi, tetapi justru memudahkan pekerjaan mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif.

  • Bagikan