Mengenal Apa itu Akuntansi: Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Jenis-Jenisnya

  • Bagikan
  1. Akuntansi Pajak 

Akuntansi pajak adalah jenis akuntansi yang berhubungan dengan perhitungan pajak. Akuntansi ini digunakan untuk menghitung dan menetapkan jumlah pajak terutang yang harus ditanggung oleh perusahaan. 

Laporan keuangan yang terdapat pada akuntansi ini dikhususkan untuk berbagai perhitungan perpajakan dari pendapatan kena pajak atau PKP. Laporan keuangan yang dibuat dapat digunakan perusahaan untuk dasar pembuatan keputusan dan kebijakan mengenai pajak. 

  1. Akuntansi Audit (Auditing)

Seperti namanya, akuntansi audit adalah jenis akuntansi yang digunakan untuk audit atau melakukan pemeriksaan transaksi dan laporan keuangan. Tak hanya sekadar memeriksa keuangan saja, dalam akuntansi ini juga digunakan untuk memberikan penilaian atau opini mengenai kelayakan laporan keuangan yang diperiksa. 

Agar hasil laporan tidak memihak atau menguntungkan pihak tertentu, maka proses audit harus dilakukan oleh pihak independen. Mereka harus bisa memeriksa berbagai laporan keuangan dan juga bukti transaksi perusahaan secara teliti dengan memanfaatkan akuntansi audit. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis akuntansi beserta pengertiannya. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan software agar proses pengerjaan akuntansi perusahaan berlangsung dengn lebih mudah, Anda dapat berkonsultasi dengan penyedia program accounting terbaik di Indonesia. Untuk itu, Jurnal by Mekari hadir untuk memberi solusi dalam penerapan dan juga pengembangan produk program accounting terbaik di Indonesia.

Jurnal by Mekari merupakan program accounting online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis. Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis. 

  • Bagikan