Loyal, Berprestasi, dan Berbasis Kinerja, Ini Perjalanan Karier, Prestasi dan Profil Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Setelah melalui proses asesmen menggunakan ujian tipe komples, akhirnya akademisi asal Bombana, Drs Asrun Lio MHum PhD berhasil meraih rangking tertinggi dan mendapatkan persetujuan Presiden RI untuk dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Persetujuan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut tertuang melalui SK Presiden RI Nomor 166/TPA Tahun 2022, dimana memuat tentang pemberhentian Drs Asrun Lio MHum PhD sebagai Pj dan ditetapkan menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Provinsi Sultra.

Pelantikan yang dilakukan oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH tersebut berlangsung pada Hari Rabu (11/1) sekitar pukul 11.00 WITA, bertempat di Gedung Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

Sejak bergabung di Pemerintahan Provinsi Sultra dibawah kepimpinan Ali Mazi-Lukman Abunawas, nama Asrun Lio seolah melejit dari segi prestasi dan kinerja. Bahkan loyalitasnya pun tak diragukan lagi sehingga sejak awal, aura kepimpinan pun telah tajam tercium, meskipun oleh Asrun Lio sendiri belum menyadari sebab prinsipnya bagaimana tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab sepenuh hati dan dedikasi tinggi.

Berada pada posisi tertinggi pada jenjang karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini, sebelumnya Asrun Lio telah melalui proses dan perjalanan cukup panjang, sehingga tidak heran melalui pengalaman yang dimilikinya, dirinya kurang lebih mampu menganalisis masalah menuju solusi terbaik.

Dalam menjalankan kepemimpinannya baik saat di dunia akademisi, di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra maupun sebagai Pj Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio juga mampu menerapkan berbagai tipe kepemimpinan, yakni ada saatnya pembinaan, demokratis, hingga tegas jika menyangkut hal prinsip dan mengarah pada antisipasi agar tidak terjadi masalah ataupun penyimpangan. Namun yang lebih dominan yakni bagaimana membangun hubungan orang tua dan anak kepada bawahan.

  • Bagikan