Tiga Pesawat Sukhoi dan 5 Penerjun Payung Hiasi Langit Sulawesi Tenggara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Tiga Pesawat Sukhoi dari Skuadron Udara II Lapangan Udara (Lanud) Hasanuddin dan 5 Penerjun Payung meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke 59 Tahun yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra, Kamis (27/4) yang disaksikan oleh ribuan peserta upacara.

Lima penerjun payung itu merupakan personel dari Batalyon 464 Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dan Denmatra II Lanud Abdurrahman Saleh.

Kelima penerjun payung itu adalah Serma Fatoni, Serka Sutrisna, Serka Sugiarto, Kopda Seto, dan Serda Indar.

Sedangkan, Tiga Pesawat Tempur Generasi Terbaru yakni Pesawat Sukhoi 27 dan Sukhoi 30 MK2 dengan berat 38 Ton, dan bisa membawa persenjataan seberat 8.000 kg dengan bahan bakar internal sebanyak 9.720 kg, dan pesawat ini mampu terbang jarak jauh dengan menempuh jarak 3.000 km tanpa pengisian bahan bakar di udara dan pesawat ini dapat melesat dengan dua kali kecepatan suara atau setara dengan 2.386 km/jam.

Dalam atraksi udara Thunder Flight dengan Formasi 3 pesawat ini, dipimpin oleh Komandan Skuadron Udara 11 Letkol Pnb Setyo Budi Pulungan sebagai Thunder 1 dan juga sebagai Callsign Locust dan Kapten Pnb Yanifa Eska Callsign Knigthawk, Thunder 2 Kapten Pnb Agyd Hertantya Callsign Liguar, Thunder 3 Mayor Pnb Satria Tikwana Callsign Magpie, dan Kapten Pnb Fajar Sidiq Callsign BlackJack.

Kehadiran 5 Penerjun Payung dan Tiga Pesawat Sukhoi ini merupakan berkat andil dari Marsekal Muda (Purn) La Ode Bahrim yang telah berkontribusi sebagai fasilitator sesuai surat Gubernur Sultra untuk menghadap kepada Mabes TNI AU untuk dapat menghadirkan atraksi udara di momen bersejarah bagi masyarakat Provinsi Sultra tersebut.

  • Bagikan