Tak Hanya Raih Medali Emas Asian Games, Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan 4 Rekor Sekaligus

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,CHANGZHOU — Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas di ajang Asian Games 2022 cabang olahraga angkat besi.

Rahmat Erwin turun berlaga di kelas 73kg putra dengan total angkatan 359kg di XSC Gymnasium, Selasa (3/10/2023).

Ia tampil menjadi lifter kesembilan yang tampil dalam angkatan snatch pada final tersebut setelah lifter Korea Utara setelah Park Jonju.

Dalam angkatan pertamanya, lifter asal Makassar ini terlihat melakukan angkatan snatch dengan mulus.

Begitu juga dengan angkatan kedua, dengan bebas 156kg, Erwin Rahmat juga tidak terlihat kesulitan. Erwin Rahmat menutup angkatan snatch dengan 158kg.

Erwin pun mendapatkan saingan berat asal China, Wei Yinting yang sukses dengan angkatan snatch 153kg.

Wei Yinting mengungguli Rahmat dengan angkatan kedua seberat 158kg, kemudian dilanjutkan dengan angkatan ketiga seberat 161kg.

Alhasil, angkatan terakhir Wei Yinting itu memecahkan rekor Asian Games sekaligus membawanya ke posisi pertama.

Lifter Thailand Weerapon Wichuma juga memanaskan persaingan lewat angkatan kedua dengan berat beban 154kg. Kemudian dilanjutkan dengan angkatan kedua 156kg yang sukses.

Meski sukses di urutan pertama dalam angkatan snacth, Wei Yinting gagal dalam percobaan pertama clean and jerk. Beban seberat 180kg tidak bisa diangkat Yinting.

Lifter asal China itu kemudian berhasil mengangkat beban 180kg pada percobaan kedua, akan tetapi dianggap gagal oleh juri.

Ia kemudian kembali gagal pada angkatan ketiga. Yinting harus puas dengan total angkatan 161kg.

  • Bagikan