Pemprov Sultra Terima Bantuan Rp 4,5 Miliar untuk Pembangunan 26 Rumah Korban Kebakaran dari Kemensos

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemerintah Daerah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima dana hibah dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), Senin (5/12/2022) malam.

Dana hibah sebesar Rp. 4,5 Miliar tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan 26 unit rumah korban kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu, Kota Kendari, pada 9 Juni 2022 lalu.

Ketua Pokja Pemanfaatan pada Direktorat Potensi dan Sumber Daya Sosial Kemensos RI, Rosida mengatakan bahwa dana hibah yang diberikan merupakan dana dari Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).

“Terhadap penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB),” katanya.

Dimana, dana tersebut memang diperuntukan untuk keadaan mendesak yang tidak diakomodir di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kami itu mengelola hibah langsung dalam negeri, ada namanya anggaran hibah, itu untuk dikembangkan program-program yang tidak terakomodir di dalam APBN, seperti keadaan mendesak, misalnya bencana,” ungkapnya.

Selain menyerahkan dana hibah, Kemensos RI juga menyerahkan alat pembuatan batu bata, dengan tujuan masyarakat dilibatkan dalam proses pembangunan rumah.

Pihaknya bahkan, akan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada masyarakat terkait penggunaan alat pembuatan batu bata agar bisa memproduksi batu bata sendiri.

Untuk pengerjaan pembangunan rumah sendiri, ditargetkan akan rampung dalam kurun waktu 3 bulan, dan akan diawasi langsung oleh tim Kemensos dari awal hingga akhir.

  • Bagikan