Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Merawat Motor Matic

  • Bagikan

Stabilkan Kecepatan Ketika Berkendara

Menjaga kestabilan kecepatan ketika berkendara menggunakan motor matic juga menjadi salah satu cara agar motor tetap terawat. Karena bisa mengubah kecepatan atau tarikan gas akan berpengaruh ke vanbelt nantinya.

Perawatan Dengan Melakukan Servis Secara Berkala

Sama halnya seperti manusia yang perlu melakukan cek kesehatan, Anda juga perlu melakukan cek kondisi secara rutin. Beberapa hal penting yang bisa dilakukan ketika melakukan servis motor adalah mengganti oli, membersihkan kabulator hingga hal-hal lain yang dirasa perlu.

Ganti Oli Secara Berkala

Menyambut terkait hal sebelumnya, mengganti oli secara berkala untuk motor matic adalah salah satu hal yang sangat penting.

Penggantian oli motor secara berkala sesuai dengan waktunya. Biasanya setiap 1.000 km, diperlukan penggantian oli. Sedangkan untuk penggantian oli transisi motor (oli garden) umumnya dilakukan ketika motor sudah mencapai 5000 km.

Selalu Cek Kondisi Vanbelt dan Roler Motor

Yang terakhir ada komponen penting untuk motor matic yaitu Vanbelt dan Roler yang benar-benar harus di rawat, karena dua komponen harus tetap bekerja agar motor bisa berfungsi.

Jika motor Anda menggunakan vanbelt karet, biasanya saat kondisi buruk atau sudah terlalu lama digunakan, ini bisa menyebabkan mesin putus di tengah jalan. Akibatnya, motor tidak dapat dihidupkan dan berjalan dengan baik.(Erfyansyah/fajar)

  • Bagikan