5 Fitur yang Wajib ada Sebelum Anda Menggunakan HR System

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Namun tugas ini bukanlah hal yang mudah karena departemen HR memiliki banyak sekali tanggung jawab yang harus dijalankan setiap harinya. Itulah sebabnya departemen ini butuh bantuan dari HR System yang memudahkannya mengelola karyawan perusahaan.

Apa itu HR System

HR System adalah suatu sistem yang mampu mengolah dan menyimpan data karyawan dengan jumlah yang banyak. Data karyawan yang dimaksud adalah absensi, penggajian, pajak, dan sebagainya yang mempengaruhi performa karyawan tersebut.

Semua data tersebut terintegrasi dengan baik dalam database HR System dan akan menghasilkan suatu informasi demi kepentingan keputusan bisnis perusahaan.

Banyak orang yang mengira bahwa dengan HR System keluaran tercanggih masa kini dapat menggantikan staf HR.

Padahal tidak seperti itu. Posisi staff HR tidak akan tergantikan karena manusia lain selalu membutuhkan manusia lainnya dalam pengelolaan kemampuan dan pendekatan personal mereka.

Software HR memiliki tugas utama untuk membantu tim HR mengolah data dan elemen karyawan yang ada sehingga kinerja jauh lebih cepat dan cermat, bukan menggantikan. Jadi, peran tim HR dalam perusahaan tetaplah penting dan tak tergantikan.

Jenis-Jenis HR System

Karena cakupannya yang cukup kompleks dan data yang diolah sangat banyak, HR System memiliki berbagai jenis yang berbeda dan didesain sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi bisnis perusahaan.

  1. Human Resource Information System

Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengelola sumber daya manusia, prosedur dan kebijakan perusahaan.

  • Bagikan