Mengenal Aplikasi HRIS dan Manfaatnya Dalam Perusahaan

  • Bagikan

Ini berarti termasuk penggajian, pembayaran pajak, proses rekrutmen, kehadiran dan cuti, dan evaluasi kinerja karyawan. Untuk mempermudah penghitungannya, Anda dapat mengunduh aplikasi skema perhitungan harga software ERP dari Mekari Talenta.

Dengan Human Resource Management System, manajer HRD dapat melacak berbagai informasi tentang karyawan seperti data pribadi, pekerjaan, informasi gaji, pengeluaran, dan lain-lain. 

Manajer HRD juga dapat membatasi siapa saja yang bisa mengakses sistem ini, informasi mana yang bisa karyawan lihat, dan mana yang hanya boleh pihak manajemen akses.

Aplikasi HRIS adalah salah satu modul dalam sistem ERP yang juga dapat terintegrasi dengan beberapa modul lain yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sama seperti Sistem ERP, aplikasi HRIS tersedia dalam beberapa jenis solusi yaitu perangkat lunak desktop (on-premise), perangkat lunak berbasis website (cloud), serta aplikasi desktop dan/atau mobile.

Fungsi Aplikasi HRIS bagi Perusahaan 

Aplikasi HRIS atau Human Resource Management System telah menjadi salah satu perangkat lunak yang wajib perusahaan miliki, apapun jenis dan ukurannya. Ada banyak manfaat yang perangkat lunak berikan HRD ini, berikut manfaatnya:

  1. Meningkatkan Keamanan Data Karyawan

Data karyawan bersifat personal dan seharusnya hanya boleh orang-orang yang berkepentingan saja yang bisa mengakses. Sistem HRM memungkinkan manajer HRD untuk mengontrol siapa saja yang dapat mengakses informasi dalam sistem, sehingga risiko pencurian data kecil.

  1. Aplikasi HRIS Memudahkan Pendistribusian Gaji

HRM software menjadikan proses penggajian menjadi lebih cepat dan mudah. Human error yang sering menjadi salah penyebab kesalahan dalam penghitungan gaji dapat diminimalkan, sebab pada sistem HRM terdapat modul akuntansi yang dapat menghitung sesuai dengan jam kerja dan kehadiran karyawan.

  • Bagikan